Menghilangkan Jerawat di Pipi?Berikut ini Tips-tipsnya!

menghilangkan bekas jerawat
Pexels/Kindel Media

Jerawat yang muncul di berbagai area wajah menunjukkan masalah yang unik, termasuk jerawat yang sering kali Anda lihat dan temui di pipi. Mereka bukan hanya sekadar bintik merah atau hitam, tapi bisa menjadi petunjuk kondisi kesehatan Anda. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menghilangkan jerawat di pipi serta cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi, serta penyebab utama masalah tersebut bisa terjadi.

Penyebab Jerawat Hitam

penyebab bekas jerawat
Pexels/Shotpot

Jerawat hitam atau komedo adalah hasil dari pori-pori yang tersumbat oleh sebum dan sel kulit mati. Ketika kotoran ini terpapar ke udara, ia mengoksidasi dan berubah menjadi hitam, membentuk komedo terbuka. Proses ini sering terjadi di pipi karena area tersebut cenderung memiliki pori-pori yang lebih besar, yang mudah tersumbat.

Faktor eksternal seperti polusi dan make-up yang tidak dibersihkan dengan sempurna dapat memperparah kondisi ini. Penggunaan produk perawatan kulit yang tidak sesuai dengan jenis kulit juga dapat menyumbat pori-pori dan mengakibatkan komedo. Selain itu, faktor internal seperti perubahan hormon atau diet yang tidak seimbang dapat meningkatkan produksi sebum.

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya di Pipi

atasi bekas jerawat
Pexels/Ron Lach

Menghilangkan jerawat dan bekasnya di pipi membutuhkan pendekatan yang komprehensif, mulai dari pembersihan hingga perlakuan khusus. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan:

1. Pembersihan Wajah yang Benar

Untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya di pipi, lakukan pembersihan wajah yang benar. Pilih pembersih yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan hindari yang terlalu keras. Gunakan air hangat untuk membuka pori-pori.

Setelah pembersihan, gunakan toner untuk menyeimbangkan pH kulit dan menutup pori-pori. Hal ini tidak hanya membantu menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi, tetapi juga mencegah timbulnya jerawat baru.

2. Ekfoliasi Rutin

Ekfoliasi rutin memainkan peran penting dalam menghilangkan jerawat dan bekasnya di pipi dengan mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori dan memicu munculnya jerawat. Metode ini juga merangsang regenerasi sel kulit baru, yang penting untuk memudarkan bekas jerawat. Penting untuk memilih eksfolian yang lembut dan sesuai dengan jenis kulit Anda agar tidak menyebabkan iritasi atau merusak lapisan kulit.

Dalam proses ekfoliasi, konsistensi adalah kunci, namun perlu diingat untuk tidak berlebihan karena bisa berakibat kontraproduktif dan menyebabkan iritasi. Ekfoliasi kimia seperti penggunaan asam alfa-hidroksi (AHA) atau asam beta-hidroksi (BHA) juga direkomendasikan karena dapat membersihkan pori-pori lebih dalam dan efektif. 

Dengan menggunakan metode ekfoliasi sebagai bagian dari cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dapat mempercepat proses penyembuhan dan pemulihan kulit yang berjerawat serta mengembalikan kecerahan alami kulit Anda.

3. Penggunaan Sunscreen

Penggunaan sunscreen setiap hari penting untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah bekas jerawat. Sinar UV dapat memperburuk bekas jerawat, membuatnya lebih gelap dan sulit hilang. Gunakan sunscreen dengan SPF yang adekuat dan perlindungan terhadap UVA dan UVB untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Sunscreen juga mencegah kemerahan dan iritasi setelah jerawat mereda. Pilih sunscreen bebas minyak atau non-komedogenik untuk menghindari pori-pori tersumbat dan jerawat baru. Aplikasikan secara merata pada wajah, terutama di pipi, dan perbarui setiap beberapa jam jika berada di luar ruangan.

4. Terapi

Terapi khusus seperti laser, microdermabrasion, atau chemical peels yang ditawarkan oleh klinik kecantikan dan dermatologis dapat menjadi pilihan efektif untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya di pipi. 

Terapi laser, misalnya, menggunakan teknologi cahaya untuk menargetkan dan mengurangi peradangan, serta merangsang pertumbuhan kolagen yang dapat membantu memperbaiki tekstur kulit. Sementara itu, chemical peels menggunakan solusi kimia untuk mengelupas lapisan atas kulit, yang dapat membantu memudarkan bekas jerawat dan memberikan kulit yang lebih halus serta merata.

5. Konsultasi dengan Dermatolog

Berkonsultasi dengan seorang dokter kulit dapat memberikan solusi khusus untuk mengatasi jerawat dan bekasnya di pipi Anda. Dokter kulit akan mengevaluasi tingkat keparahan jerawat, jenis kulit, dan riwayat medis Anda untuk menentukan perawatan yang efektif dan aman.

Selain itu, dokter kulit juga dapat meresepkan obat topikal atau oral yang lebih kuat yang tidak tersedia tanpa resep, atau melakukan prosedur medis seperti injeksi steroid untuk jerawat yang meradang atau terapi cahaya untuk mengurangi bekas jerawat. Dengan pengawasan medis ini, Anda dapat memastikan bahwa perawatan yang Anda jalani aman dan mengurangi risiko komplikasi atau iritasi pada kulit Anda.

Memahami cara menghilangkan jerawat dan bekasnya di pipi merupakan langkah pertama dalam merawat kulit Anda agar kembali cerah dan sehat. Ingatlah, perawatan yang konsisten dan sesuai dengan kondisi kulit Anda adalah kunci utamanya.

Bagi Anda yang ingin memperoleh berbagai produk skincare yang bagus dalam menghilangkan jarawat atau bekasanya, Anda dapat mengunjungi rankbeuty. Ada banyak informasi seputar cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dapat Anda temukan di sana. Cek rankbeauty sekarang juga!

rankbeauty

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *